{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }

  0
Home » Komputer » Laptop

5 Rekomendasi Laptop Bekas 3 jutaan Terbaik di Tahun 2022

Sebelumnya mimin pernah membahas tentang rekomendasi laptop bekas terbaik di tahun 2021. Nah kali ini kita akan membahas apa saja laptop bekas terbaik yang masih "worth it" buat digunakan di tahun 2022 ini. Yuk langsung saja, cekidot!

Alasan Membeli Laptop Bekas


Kelangkaan chip atau chip shortage telah memaksa industri / produsen laptop saat ini menaikkan harga laptop. Jika pada era tahun 2010 keatas, kita masih bisa mendapatkan laptop murah dengan harga 3 jutaan dengan kondisi baru, sekarang sudah tidak bisa kita dapatkan lagi.

Rata-rata laptop berspesifikasi terendah saat ini dibandrol dengan harga 5-6 jutaan (kondisi baru). Sedangkan kita memiliki budget yang terbatas, sudah barang tentu kita memerlukan laptop dengan berspesifikasi tidak terlalu rendah, namun masih dapat mengcover kebutuhan sehari-hari.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, salah satu pilihan yang masuk akal adalah laptop bekas.

Mengapa memilih laptop bekas, apa saja alasannya?

  • Lebih menghemat budget, khususnya dengan dana yang terbatas kamu bisa mengalokasikan uang lebih efektif. Harga murah, irit dikantong.
  • Spesifikasi laptop bekas bisa sama atau bahkan mengungguli spesifikasi laptop baru, dengan harga yang sepadan.
  • Build quality laptop baru terkadang sangat ringkih (terutama berbahan plastik), sedangkan laptop bekas seperti kelas ultrabook memiliki kualitas body yang lebih premium.
  • Laptop tahun tertinggi, hanya mendapat "sedikit" peningkatan saja dari laptop tahun lama. Harga beda jauh.
  • Penjual laptop bekas punya banyak pilihan alternatif, misalnya laptop bekas premium. Storage SSD, body alumunium, atau layar IPS.
  • Hampir tidak terasa seperti barang bekas, terutama jenis laptop bekas yang diimpor dari luar negeri berkualitas "hampir" seperti baru.

Dimana Membeli Laptop Bekas Berkualitas?


Jika kamu mencari laptop bekas yang dijual dipertokoan dikota kamu tinggal, pilihan yang ada umumnya sangat terbatas. Saat ini kebanyakan penjual laptop bekas berkualitas ada di Online Shop, seperti Tokopedia atau Bukalapak, yang basis sellernya terutama di Harco, Mangga Dua, Jakarta dan Batam. Umumnya barang-barang bekas import laptop bermuara disana.

Tips membeli laptop bekas dari online shop:

  1. Pastikan seller laptop adalah penjual yang memiliki reputasi baik, memiliki penjualan dan rating yang cukup oke.
  2. Sebelum membeli, tanyakan dahulu terkait minus yang ada pada laptop, dan pastikan penjual memberi garansi bila ada kerusakan. Minimal garansi 2 atau 3 minggu sudah cukup.
  3. Menurut pengalaman mimin, penjual laptop bekas banyak berada di marketplace BukaLapak dan Tokopedia, fokus ke kedua marketplace itu saja.
  4. Pastikan umur baterai laptop yang dibeli masih dalam kondisi prima, minimal dalam kondisi 90% bagus.
  5. Sebisa mungkin carilah produk laptop yang punya embel-embel "Ultrabook" karena laptop jenis ini umumnya memiliki komponen yang lebih premium dibanding laptop biasa.

Jika sebelumnya kita pernah membahas laptop bekas terbaik tahun 2021, berikut 5 rekomendasi laptop bekas terbaik tahun 2022 dari SemangkaBlog

​​​​​​​1. Lenovo Thinkpad X250


Harga Rp. 3.700.000
Processor Intel Core i5-5200U
Memory RAM 4 GB DDR3
Graphics Intel HD Graphics 5500
Display 12 Inch SVGA
Resolution 1366 x 768
Storage 256 GB SATA SSD
Wifi Intel Dual Band Wireless-N

Review: Dengan harga yang cuma 3 jutaan dibandrol bekasnya, laptop ini sangat worth it untuk pengguna dengan pekerjaan level sedang. Keunggulan laptop ini adalah bodynya yang padat dan kokoh. Lenovo Thinkpad series sendiri sudah dikenal dengan jargon "military grade" yang artinya tahan dengan kondisi ekstrem. Lebih durabel untuk penggunaan lapangan (outdoor).

Laptop ini sudah menggunakan SSD berkapasitas 256 GB dan processor intel Core i5 Generasi ke 5 yang pastinya sudah bisa menunjang aplikasi seperti Adobe Photoshop 2020, Microsoft Office 2016 dan kami coba mampu digeber Windows 10 versi 21H2 dengan mulus.

Kekurangan laptop Lenovo Thinkpad X250 ini hanya kurang "modis" jika dibandingkan laptop sejenis yang memiliki banyak varian warna. Sedangkan Thinkpad identik dengan warna gelap atau hitam. Karena memiliki keyboard dan body yang kokoh menjadikan bobotnya sedikit lebih berat (sekitar 100 gram) dibandingkan laptop lain dengan spesifikasi yang sama.

2. Lenovo Thinkpad T450s


Harga Rp. 3.900.000
Processor Intel Core i5-5300U
Memory RAM 4 GB DDR3
Graphics Intel HD Graphics 5500
Display 14 Inch SVGA
Resolution 1366 x 768
Storage 128 GB SATA SSD
Wifi Intel Dual Band Wireless-N

Review: Tipe lainnya dari Thinkpad sebelumnya, namun dengan ukuran layar sedikit lebih besar. Laptop berlayar 14 inchi ini sangat cocok untuk penggunaan kantoran. Sudah dilengkapi dengan Windows 10 asli.

Berat keseluruhan hanya 1,5 kg (tanpa charger), cukup ringan untuk dibawa sehari-hari. Pengujian yang kami lakukan kenyamanan mengetik selama berjam-jam karena keyboardnya sangat empuk. Touchpad terasa responsif dan kencang.

Jika kamu tertarik dengan laptop ini baterainya bisa dilepas-pasang dan sangat mudah diganti. Untuk sparepart baterai masih sangat banyak dijual di toko daring sehingga worth it untuk pengggunaan di tahun 2022.

3. HP Elitebook 820 G2


 

Harga Rp. 3.200.000
Processor Intel Core i5-5200U
Memory RAM 8 GB DDR3
Graphics Intel HD Graphics 5500
Display 12,5 Inch SVGA
Resolution 1366 x 768
Storage 128 GB SATA SSD
Wifi Intel Dual Band Wireless-N

Review: HP Elitebook 820 G2 adalah laptop premium keluaran tahun 2015 yang masih sangat layak dipakai di tahun 2022. Dengan berbalutkan body alumunium-polikarbonat, laptop ini menyuguhkan penampilan yang kokoh sekaligus elegan.

Sangat cocok digunakan untuk pelajar/mahasiswa karena ukurannya yang tidak terlalu besar atau kecil, pas didalam tas. Hasil pengujian yang kami lakukan, laptop ini memiliki keunggulan layar yang cukup terang, memiliki sensor fingerprint (bisa diaktifkan dengan menggunakan unlock fingerprint Windows Hello).

Uji pengetikan yang kami coba, lumayan empuk. Huruf di keyboard terasa sedikit kecil namun masih tetap nyaman dijari. Laptop ini agak sedikit langka, jika kamu tertarik dengan laptop ini perlu sering-sering memantau marketplace online karena banyak peminatnya.

Oh ya, jangan lupa pastikan baterainya dalam kondisi baik sebelum membeli laptop ini. Karena hasil pengujian hanya bertahan 1-2 jam saja, atau kemungkinan unit yang kami terima memang baterainya sudah perlu diganti.

Baca juga :  6 Tips Merawat Baterai Laptop, Durasi Pakai Bertambah

Overall HP Elitebook 820 G2 sangat bagus dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Dell Vostro 14-5468


Harga Rp. 3.750.000
Processor Intel Core i3-7100U
Memory RAM 4GB DDR4
Graphics Intel HD Graphics 620
Display 14 Inch TN
Resolution 1366×768
Storage 500 GB SATA HDD
Wifi Wireless-N

Review: Laptop ini memiliki keunggulan yaitu sudah dilengkapi processor intel generasi ketujuh. Namun ditujukan untuk kelas entry (budget laptop). Kami coba menggunakan terasa nyaman dan kencang karena sudah dilengkapi juga dengan memori DDR4.

Start-up booting dan shutdown masih terasa lambat, namun laptop ini masih bisa diupgrade lagi. Sangat disarankan untuk mengupgrade ke storage SSD agar menjadi lebih ngebut. Untungnya laptop ini memiliki slot HDD dan SSD terpisah, sehingga bisa menggunakan dua jenis media penyimpan dan memori juga dapat diupgrade sampai dengan 16 GB.

Baca jugaTips Upgrade RAM Laptop, Jangan Sampai Salah Beli

Performa grafis sedikit terbantu dengan adanya GPU diskrit Nvidia GeForce GT 940MX VRAM 2GB GDDR5. Namun laptop ini tetaplah laptop bisnis yang cocok digunakan untuk pekerja kantoran, bukan untuk gaming.

Memiliki sensor fingerprint sehingga lebih aman, pengujian yang kami lakukan baterai cukup baik dengan ketahanan diatas 3 jam, pemakaian normal seperti mengetik dan browsing internet masih cukup oke.

5. Dell Latitude e7440


Harga Rp. 3.800.000
Processor Intel Core i5-4300U
Memory RAM 8GB DDR3
Graphics Intel HD Graphics 4400
Display 14 Inch IPS
Resolution 1366 × 768
Storage 256 GB SATA SSD
Wifi Intel Dual Band Wireless-N

Review: Laptop ini memiliki profil hitam pada bagian dalam dan warna silver metalik pada bagian luarnya. Cukup kokoh dan tahan dari guncangan. Kami coba menjalankan aplikasi Microsoft Office, Photoshop editing ringan sedang, editing video ringan, coding website masih sangat nyaman.

Durasi baterai mulai full charge sekitar 2-3 jam, pemakaian ringan hingga sedang. Mengetik cukup nyaman meski touchpadnya terasa cukup kecil. Keunggulannya yang lain adalah layarnya yang bisa ditekuk 180 derajat dan sudah IPS sehingga terlihat jelas jika dipandang dari angle samping.

Mengapa Dell Latitude e7440 kami rekomendasikan? Laptop ini masih cukup banyak sparepartnya dipasaran sehingga jika kamu ingin upgrade atau mengganti partsnya masih tersedia. Juga laptop ini banyak direkomendasi dari beberapa youtuber yang mencari laptop bagus dengan dana terbatas.

Disamping itu, barangnya juga masih cukup mudah ditemukan di marketplace online. Tentunya kamu perlu menanyakan kepada penjual apabila ada minus pada laptop bekas yang akan kamu beli.

Rekomendasi artikel menarik untuk dibaca
💻 Pilih Mana, Upgrade RAM Atau SSD? Ini Tips Lengkapnya
💻 10 Cara Memilih Laptop Spesifikasi Terbaik Sesuai Kebutuhan Kamu
💻 Tips Upgrade RAM Laptop, Jangan Sampai Salah Beli

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial