{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }

  0


Home » Komputer » Laptop

Padahal Dekat, Sinyal WiFi di Laptop Tetap Lemah. Ini Solusi Mengatasinya

Pernahkah kamu mengalami sinyal wifi di laptop yang terlalu lemah? Bahkan saat dipindahkan didekat sumber Wifi atau akses poin, sinyal yang muncul dilayar hanya sebatas 1 bar atau 2 bar saja.

Dampak yang terasa signifikan adalah proses pengunduhan yang terasa lambat, browsing terasa kurang responsif, hingga sama sekali tidak dapat terhubung ke jaringan internet.

Masalah ini dapat terjadi disebabkan beberapa faktor, diantaranya



Faktor Gangguan Frekuensi


Wifi menggunakan gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi pada rentang 2.4 GHz. Adakalanya terjadi gangguan frekuensi yang dapat mengakibatkan interferensi sinyal sehingga menghambat kinerja wifi di laptop.

Gangguan dapat terjadi bisa disebabkan oleh adanya sumber frekuensi yang sejenis dari perangkat lain, contohnya oven microwave yang frekuensinya sama atau berdekatan dengan sinyal wifi.

Tidak hanya oven microwave, sumber wifi atau sering disebut router / access point juga dapat mengalami gangguan frekuensi dari router / access point lainnya. Jika kamu memiliki dua sumber internet wifi, pastikan keduanya berada pada frekuensi yang berbeda.

Cara mengetahui frekuensi yang sedang digunakan pada router wifi yaitu dengan membuka konfigurasi router / access point lalu masuk ke pengaturan frekuensi. Agar frekuensi wifi menjadi optimal perlu kamu ketahui

  1. Hindari penggunaan frekuensi yang sama antar sesama wifi. Sebaiknya dibedakan.
  2. Jauhkan oven microwave dari sumber wifi.
  3. Letakkan wifi ditempat yang memiliki sedikit dinding penghalang.

Ada Masalah Pada Wireless Card di Laptop


Didalam laptop ada semacam perangkat kecil berbentuk kartu yang dinamakan wireless network adapter atau wireless card. Fungsi alat ini adalah sebagai perangkat elektronik yang memungkinkan laptop terhubung ke router wifi secara nirkabel. Alat ini mengirim data melalui gelombang radio ke router sebagai komunikasi data.

Jika perangkat ini bermasalah, maka penangkapan sinyal wifi laptop akan semakin melemah bahkan dapat tidak berfungsi. Oleh karenanya perangkat penting ini harus bekerja dengan baik agar penangkapan sinyal wifi laptop menjadi maksimal.

Untuk mengakses wireless card, kamu perlu membuka casing laptop. Caranya dengan menggunakan obeng lalu buka kompartemen bagian bawah laptop. Biasanya komponen ini akan langsung terlihat.

wireless adapter card pada laptop

Hal yang perlu diketahui tentang wireless card :

  1. Saat bekerja, wireless card akan sedikit panas. Jika kamu mendapati wireless card tersebut sangat panas, besar kemungkinan perangkat ini telah rusak.
  2. Pada kebanyakan laptop, wireless card dapat dilepas. Sehingga jika terjadi kerusakan dapat segera diganti. Pada beberapa tipe laptop, dapat digunakan merk yang berbeda asalkan soketnya pas.
  3. Pada beberapa kasus, sinyal wifi laptop dapat normal kembali jika kamu membersihkan konektor wireless card (kuningan tembaga) pada wireless card.

Masalah lainnya yang mungkin terjadi adalah faktor kesalahan driver wireless card pada laptop. Setiap laptop memiliki software atau driver pendukung yang membuatnya dapat bekerja.

Terkadang, software driver pada laptop dapat berubah akibat penginstalan yang tidak benar (tidak sesuai tipe) atau windows update yang memperbarui driver tersebut tanpa sepengetahuan penggunanya.

Umumnya software driver wireless card disertakan pada setiap pembelian laptop. Sebaiknya gunakan driver yang sesuai dengan merk dan tipe laptop yang kamu miliki. Jika kamu tidak memilikinya, cobalah untuk mengunduh software tersebut melalui website resmi sesuai merk dan tipe laptopnya.

Cara memperbaiki driver wireless card di laptop :

  1. Kembali ke versi semula. Untuk mengembalikan versi driver wireless card laptop ke versi semula, lakukan rollback driver. Caranya buka device manager, cari network adapter, kemudian buka tab driver lalu pilih Roll Back Driver.
  2. Perbarui driver, atau Update driver. Caranya sama seperti diatas, hanya saja pilih Update Driver.
  3. Jika tidak berhasil, lakukan penginstalan driver secara manual dengan mengunduh driver asli di website resmi laptop yang kamu miliki.

Ada Masalah Pada Antena Wifi di Laptop


Tahukah kamu bahwa laptop memiliki antena wifi?

Antena wifi ini tidak terlihat dari luar, namun terpasang didalam laptop. Pada umumnya, antena wifi pada laptop terletak pada sebelah kiri dan kanan layar laptop.

Antena ini berbentuk seperti kabel kecil dan terhubung pada wireless card yang ada didalam casing laptop. Seiring pemakaian, laptop yang sering dibuka-tutup engselnya dapat menyebabkan antena menjadi patah (diskoneksi) atau terputus sambung (intermitten).

antena wifi terletak disamping layar laptop

Akibatnya antena wifi mengalami masalah, sinyal wifi laptop menjadi melemah. Namun antena ini dapat diperbaiki dengan cara mengganti kabel tersebut.

Cara mengganti antena wifi laptop :

Peringatan Cara ini hanya dapat dilakukan teknisi yang sudah berpengalaman, jika ragu sebaiknya bawalah laptop ke tempat service profesional atau service center resmi dikota anda.
  1. Buka bagian bawah laptop dengan obeng yang sesuai, lalu temukan wireless card.
  2. Jika sudah ketemu, perhatikan ada 2 kabel antena yang terpasang, biasanya berwarna hitam dan putih.
  3. Pigtail antena dapat dilepas. Lepaskan kabel antena tersebut dengan hati-hati menggunakan obeng pipih.
  4. Telusuri arah kabel antena, lepaskan kabel kemudian buka layar monitor laptop.
  5. Lepaskan stiker pada ujung antena.
  6. Ganti dengan antena baru, pasang kembali sesuai jalur kabel semula.

Menggunakan Eksternal Wifi USB


Solusi lainnya mengatasi sinyal wifi laptop lemah bisa diakali dengan memasang USB wifi eksternal.

Dengan memasang alat tambahan ini, maka wifi bawaan pada laptop yang mengalami masalah tidak akan difungsikan, akses internet akan dialihkan menggunakan USB eksternal wifi.

Pemasangannya cukup sederhana, cukup instalasi software driver bawaan yang disertakan saat pembelian. Lalu tinggal koneksikan dengan sumber wifi yang tersedia.

USB wifi adapter

Umumnya perangkat ini dihargai sekitar 100-200 ribu rupiah saja. Kamu dapat membelinya di online shop dengan kata kunci USB Wifi Adapter.

Ini merupakan langkah terakhir jika semua langkah diatas tidak bekerja. Semoga dapat membantu masalah kamu yah! 😊

Rekomendasi artikel menarik untuk dibaca
💻 Cara Pasang Wifi Sendiri Dirumah, Lengkap dan Mudah
💻 Cara memasang Akses Poin WIFI hotspot untuk internet di Mobil dan Bis
💻 11 Perbedaan Access Point dan Router yang Perlu Kamu Ketahui

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial